Pages

Selasa, 13 April 2010

billy

RESENSI NOVEL

Judul : 24 Wajah Billy

Di terjemahkan dari : The Minds of Billy Millgan

Penulis : Daniel Keyes

Penerjemah : Miriasti dan Meda Satrio

Penerbit : Qanita PT. Mizan Pustaka

Tebal buku : 20.5cm

Jumlah halaman : 665

Tahun terbit : Edisi baru, Cetakan I , Desember 2009

ORANG-ORANG YANG HIDUP DIDALAM [Kesepuluh sosok]

Hanya sepuluh tokoh inilah yang di kenal para psikiater, pengacara, pihak kepolisian, dan media pada masa proses peradilan.

1. William Stanley Millgan [Billy], 26. Sosok pribadi yang asli, atau inti, yang belakangan di sebut unfused Billy ─ yang berarti ‘Billy yang belum terfusi’ ─ dan juga “Billy-U”. Tidak tamat SMU, tinggi 180cm, bobot 86kg, Mata biru, Rambut cokelat.

2. Arthur, 22. Pria Inggris , Rasional, Tanpa emosi, dia bicara dengan logat inggris. Belajar sendiri fisika dan kimia, mempelajari buku-buku ilmu kedokteran. Fasih membaca dan menulis dalam bahasa arab. Walaupun berprinsip konservatif/kuno dan menganggap diri kapitalis, dia bersumpah dirinya seorang ateis. Dialah yang pertama kali menyadari adanya sosok-sosok yang lainnya itu. Di tempat- tempat yang aman, dialah yang berkuasa, yang memutuskan siapa saja anggota “keluarga” yang akan muncul dan menguasai kesadaran, berkacamata.

3. Ragen vadascovinich, 23. Pengelola rasa benci. Nama “Ragen” berasal dari kata rage again, yang berarti “mengamuk lagi”. Berkebangsaan Yugoslavia. Dia berbahasa bahasa Inggris dengan logat slavia yang jelas. Dia mampu berbahasa serbo-kroasia. Ahli senjata dan peluru, dia menunjukkan kekuatan fisik yang luar biasa, yang berasal dari kemampuan mengendalikan aliran hormone adrenalin dalam tubuhnya. Dia seorang komunis dan ateis. Tugasnya adalah melindungi keluarga, khususnya wanita dan anak-anak. Dia mendominasi kesadaran apabila sedang berada di tempat-tempat yang berbahaya. Pernah terlibat dengan penjahat dan pecandu obat, dan memggaku pernah berprilaku kriminal yang kadang-kadang di sertai kekerasan. Bobot tubuhnya 95 kg, berambut hitam, dan berlengan amat keras. Berkumis panjang menjuntai. Dia menggambarkan dalam warna hitam-putih karena buta warna.

4. Allen, 18. Orang kepercayaan. Bersifat manipulatif. Dialah tokoh yang paling sering berhadapan dengan dunia luar. Dia seseorang agnostik, dan semboyan hidupnya adalah, “Manfaatkan hidup di muka bumi ini sebaik mungkin”. Dia bisa bermain drum, melukis potret wajah, dan hanya dialah yang menghisap rokok diantara sosok-sosok pribadi itu. Berhubungan anat erat dengan ibu Billy. Tinggi tubuhnya sama dengan William, walaupun berbobot lebih ringan (75 kg). Rambut dibelah kanan. Dia satu-satunya yang tidak bertentang kidal.

5. Tommy, 16 tahun. Ahli melepas diri dari segala macam kunci dan simpul ikatan, atau disebut juga escape artist. Sering disangka sebagai Allen. Biasanya, dia bersikap bermusuhan, siap bertengkar dan juga bersifat antisosial. Biasa bermain seksofon dan jago dalam bidang elektronika. Dia bisa melukis pemandangan alam. Warna rambutnya pirang agak suram. Matanya cokelat, sewarna batu marmer.

6. Danny, 14. Anak yang selalu ketakutan. Takut kepada orang lain, terutama kaum laki-laki. Dia pernah dipaksa menggali lubang kuburnya sendiri, lalu ditimbun hidup-hidup. Jadi, dia cuma berani melukis objek/ benda tidak bergerak. Rambutnya pirang sebahu, matanya biru, perawakannya pendek dan langsing.

7. David, 8. Pananggung rasa nyeri, atau “si empati”. Menyerap rasa sakit dan derita para tokoh lainnya. Amat peka dan penuh intuisi, tetapi rentang perhatiannya pendek. Lebih sering kebingungan. Rambut coklat tua kemerahan, mata biru. Bertubuh kecil.

8. Christine, 3. Si anak sudut. Dijuluki demikian karena dialah yang biasa berdiri disusut disekolah. Gadis kecil berkebangsaan Inggris yang cerdas. Dia bisa membaca dan menulis, tetapi menderita disleksia (cacat membaca). Senang menggambar dan mewarnai bunga dan kupu-kupu. Berambut pirang sebahu. Bermata biru.

9. Christopher, 13. Abang Christine. Bicara dengan logat Inggris. Penurut, tetapi bermasalah. Biasa meniup harmonika. Rambutnya cokelat agak pirang, seperti rambut Christine, tetepi poninya lebih pendek.

10. Adalana, 19. Wanita lesbian. Pemalu, kesepian, dan introver. Dia suka menulis puisi, memasak dan membersihkan rumah untuk tokoh-tokoh yang lainnyaitu. Rambut Adalana penjang hitam, seperti jalinan benang kasar. Karena matanya yang cokelat terkadang bergerak menyimpang ke kanan dan ke kiri, dia disebut pemilik “mata menari”.

MEREKA YANG TIDAK DIINGINKAN

Mereka yang tidak diinginkan di kemukakan oleh Arthur. Karena mereka memiliki sifat-sifat yang tidak disukai. Para tokoh ini pertama kali terungkap oleh Dr. David Caul di Athens Health Center.

  1. Philip, 20 Tahun. Si penjahat brutal. Warga New York, beraksen Brooklyn yang kental, biasa berbahasa kasar dan kotor. Karena nama “Phil” beberapa kali disebut-sebut, pihak kepolosian dan media memperoleh petunjuk bahwa disamping kesepuluh orang yang sudah dikenal, masih ada sosok lainnya. Sudah pernah melakukan kejahatan kecil. Rambutnya berwarna coklat dengan pola keriting, mata cokelat, hidung bengkok.
  2. Kevin, 20 Tahun. Si perencana. Yang diberi julukan penjahat kelas teri. Dialah yang menyusun rencana perampokan Toko Obat Gray. Senang menulis. Berambut panjang, mata hijau.
  3. Walter, 22 Tahun. orang Australia. Dia selalu mengaggap dirinya sebagai pemburu binatang terhebat. “Penentu Letak” adalah perannya atau tugasnya, karena ia pandai menentukan arah. Berbagai emosi terteken ia milliki, nyentrik, dan berkumis.
  4. April, 19 Tahun. si “Perempuan Berengsek”. Berlogat Boston, dia penuh dengan gagasan dan rencana untuk membalas dendam kepada ayah tiri Billy. Para tokoh lainnya menganggap ia tidak waras. Keahliannya dan dapat diandalkan untuk menjahit dan membantu mengurus rumah tangga. Memiliki ciri rambut hitam, dan mata coklat.
  5. Samuel, 18 Tahun. Seorang Yahudi Pengembara. Ortodoks dalam agamanya, dialah satu-satunya tokoh yang percaya adanya Tuhan. Perupa patung dan pengukir kayu. Rambut dan janggutnya hitam keriting, matanya cokelat.
  6. Mark, 16 Tahun. Si kuda pekerja, tidak punya inisiatif, tidak berbuat apa-apa jika belum disuruh oleh orang lain, melakukan tugas yang berat dan monoton.jika tidak ada pekerjaan dia Cuma duduk menatap dinding. Kadang-kadang disebut sebagai “si zombie”.
  7. Steve, 21 Tahun. Si peniru gelagat orang dan sambil menertawakan mereka. Dia seorang egomaniak, hanua dia tokoh satu-satunya yang tidak menerima diagnosis kepribadian majemuk. Karena dia sering meniru orang lain sambil mengejek, sosok-sosok yang lainnya sering tertimpa masalah.
  8. Lee, 20 Tahun. Si pelawak, sering bertingkah nakal, membadut, dan melucu, leluconnya sering membua orang menjadi sasaran, membuat tokoh-tokoh lain sering diajak berkelahi, lalu dipencilkan di ruang isolasi. Tidak peduli tentang hidup ataupun akibat tindak-tanduknya terhadap orang lain, rambut cokelat tua, mata cokelat.
  9. Jason, 13 Tahun. Si katup penyihir tekenan. Melalui reaksi histeris dan ledakan amukan, yang sering berakibat hukuman, dia melegakan tekanan yang menumpuk. Membawa pergi berbagai kenangan buruk sehingga para tokoh lainnya bisa melupakan semua itu, dan berbuntut amnesia. rambut cokelat, mata cokelat.
  1. Robert (Bobby), 17 Tahun. Si pemimpin. Terus-menerus berkhayal tentang berpergian dan berpetualang. Meskipun bermimpi ingin menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik, dia tidak berambisi maupun berminat intelektual.

  1. Shawn, 4. Tokoh yang tunarungu. Rentang perhatian pendek dan sering dianggap terbelakang. Suka mengeluarkan berbunyian mendengung untuk merasakan getaran kepala dalam kepalanya.

  1. Martin, 19 Tahun. Si pemuda snob. Seorang warga kota New York yang suka pamer kemewahan, dan senang berlagak. Ingin memiliki segala hal tanpa bekerja. Rambut pirang mata kelabu.

  1. Timothy (Timmy), 15. Bekerja di toko bunga. Disana dia Pernah berjumpa dengan seorang homoseksual yang berusaha mendekati dirinya sampai ia ketakutan. Pergi kedalam dunianya sendiri.

SANG GURU

  1. Sang Guru, 26 Tahun. Wujud k 23 sosok alter ego di atas jika sudah melebur atau terfusi. Dialah yang mengajari sosok-sosok pribadi yang lainnya untuk menguasai keterampilan, yang mereka kuasai. Amat cerdas, peka, dan punya rasa humor yang bagus. Dia bilang. “akulah diri billy seutuhnya”. Dan sering menyebutkan sosok-sosok lainnya itu sebagai “android [manusia robot] buatanku”. Sang guru memiliki nyaris segenap ingatan yang utuh. Munculnya Sang Guru, Serta kerja samanya, telahmemungkinkan ditulisnya buku ini.

Billy Milligan, lebih tepatnya tubuh manusia hidup yang bisa bernafas dan suka merokok, yang oleh ibunya diberikan nama Billy Milligan, pernah melakukan beberapa tindak kriminal. Yang paling menghebohkan adalah kejadian di OSU (Ohio State University) pada awal 1980an. Peristiwa ini diberitakan secara besar-besaran di koran-koran lokal dan menempati headline selama berminggu-minggu. Billy dituduh melakukan tindakan kejahatan berupa penculikan, perampokan, dan perkosaan terhadap tiga orang wanita. Perbuatan yang selalu ia sangkal pernah ia lakukan. Kasus ini akhirnya berakhir dengan pembebasan Billy karena majelis hakim saat itu menganggapnya tidak waras dan tidak bisa bekerjasama bahkan untuk pembelaan dirinya sendiri. Ini atas rekomendasi hasil penelitian selama lebih dari tujuh bulan oleh psikiater ternama, Dr. George Harding dari Harding Hospital.

Billy tidak pernah tau kapan awalnya pribadi-pribadi itu muncul dalam dirinya dan menguasai alam sadarnya untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu. Sewaktu kanak-kanak dia mengalami perlakuan yang amat kasar dari ayah tirinya. Dia sering dibentak-bentak, dipukuli, bahkan dianiaya secara seksual dan kemudian diancam akan dikubur dalam sebuah lumbung di pertanian milik sang ayah tersebut bila dia coba-coba mengadu pada ibunya. Kekerasan itu juga sering ia lihat dengan mata kepalanya sendiri terjadi pada ibunya. Pernah suatu ketika ia lihat muka ibunya lebam kebiru-biruan dan dari kepalanya mengalir darah segar. Rambut sang ibu dicerabut dengan paksa hingga lepas dari kulitnya.

Penyiksaan itu ia alami antara umur 8 atau 9 tahunan.Pengalaman traumatis seperti inilah yang kemudian disimpulkan menyebabkan Billy, si pribadi inti, menarik diri dari dunia nyata karena tidak sanggup melihat lagi, menyaksikan peristiwa serupa terus berulang dalam hidupnya. Billy depresi, frustasi, bahkan kemudian sering mencoba berbagai macam cara untuk mengakhiri hidupnya. Hidup yang terlalu mengerikan baginya.

Pada saat-saat seperti itu secara bergantian tokoh-tokoh, pribadi-pribadi itu muncul di dunia nyata. Menggantikan posisinya di alam sadar dan mencuri waktu mengambil alih “tempat utama” (istilah yang disepakati oleh semua tokoh dalam pribadi Billy untuk menggambarkan sebuah panggung yang besar dengan sorot-sorot lampu terang. Siapapun yang masuk kesana, berarti sedang mewakili atau menjalankan peran utama berhadapan dengan dunia nyata). Sama dengan sibil Wawancara pertama pada tanggal 31 januari 1978, sersan willis membawa miligan ke dalam ruang wawancara, miligan ketakutan saat melihat Dorothy, tetapi dia tersenyum saat melihat wanita yang duduk di sebelahnya. Akhirnya wawancara pun dilaksanakan hari kedua, ketiga, keempat, dan kelima sesi wawancara dilakukan oleh Dorothy dan pada hari keenam pada tanggal 21 febuari Dr. Stella Karolin seorang psikiater dari southwest community mental healty center, serta rekan kerjannya Dr. Turner memberitahu bahwa Dr. Cornelia Wilbur yang tersohor di seluruh dunia telah menyembuhkan Sybil, dan kedatangannya kesini untuk menjenguk miligan.

Doroty Turner dan Judy mereka berencana untuk mengundang sebuah kelompok, termasuk pihak penuntut untuk menyakisikan pertemuan antara Dr. Wilbur dan Miligan di penjara franklin contry. Judy dan Gery merasa yakin bahwa masih ada satu rintangan lagi, akhirnya billy miligan akan di kirim kesebuah lembaga penangan penyakit jiwa untuk di periksa dan di rawat, tetapi mereka tidak mau billy dikirim walaupun Dr.wilbur seharusnya menjenguk miligan pada jumat, rencananya berubah atas alasan pribadi.

Judy berkata pada gery kita masukan billy ke harding ? kata gary rumah sakit itu mahal sekali dan ekslusif lalu rumah sakit swasta. Kata judy jangan sampai itu menghambat kita bagamana caranya kita masukan dia kesana, kita bikin mereka ingin menampung billy, bagaimana carnya ? Tanya gery.

Akhirya Dr. Wilbur dan wawancara pun dimulai tetapi Dr Wilbur ingin sekali bertemu dengan billy, akhirnya billy datang saat di wawancarai billy pun menangis tetapi tiba-tiba tangisan itu berhenti, sorot wajah billy langsung berubah menjadi waspada tetapi binggung, tiba-tiba keningnya berkerut ada apa ini ? siapa yang tadi itu ? itu billy jawab Wilbur billy yang asli kadang-kadang di sebut sebagai pribadi inti atau host.

Dalam sepucuk surat tertanggal 13 maret 1973 Dr geoge harding, jr. menulis kepada hakim flowers berdasarkan wawancara tersebut, saya berpendapat bahwa Williams miligan tidak sanggup menjalankan sidang di sebabkan ketidakmampuan bekerja sama dan agar rumah sakit harding menerima miligan untuk pemeriksaan serta pengobatan dan perawatan.sebagai Direktur medis RS Harding dia mengajukan permohonan kepada pengelola RS dan penagung jawab keunagan, pada tanggal itu 14 maret hill dan seorang petugas lainya datang untuk menjemput miligan teryata pada di lift si miligan melepaskan diri dan akhirnya miligan bertemu dengan judy dan gery.

Gary berkata kepada judy bahwa kiriman yang RS hading di terima dan sudah boleh di pindahkan RS hading minggu depan empat hari sebrlum miligan di pindahkan ke RS hading sersan wilis datang ke selnya akhirnya malam pun datang dan doroty menelepon judy ada satu kepribadian lagi yang belum kita ketahui bisik judy teryata ada 10 kepribadian dan akhirnya mereka menemui miligan dan meneyakannya.

Pada tanggal 16 maret billy milligan di pindahkan ke penjara franklin county ke RS. Hading, disana billy di jaga sangat ketat dan setiap gerak-geriknya selalu saja di catat oleh para perawat. DR.George merasa kesal karena kedatangan billy terlalu cepat, yang tadinya ada persiapan untuk menyambut dan sudah bersusah payah membentuk sebuah tim terapi, tetapi itu semua kacau dan berantakan dan akhirnya semua rencana di rubah. Setiap hari milligan diwawancarai, lalu suatu ketika alat perekam video yang di taruh di ruangan tempat dimana billy berada, tak sengaja billy melihat kamera tersebut yang di arahkan kepadanya, lalu billy marah dan pergi begitu saja, billy begitu karena ia takut, kata tommy.

Dan hari berikutnya terungkaplah bahwa adalana itu adalah pemerkosa 3 orang tersebut, dia menggunakan tubuh billy supaya tidak diketahui bahwa ia seorang lesbian. Dan ragen berkata kasar kepada adalana.

Tak lama kemudian DR. George mewawancarai Arthur dan DR.George meminta agar billy mengeluarkan ke 8 tokoh lainnya, dan akhirnya billy setujuh dan dia mengeluarkan satu persatu dari tubuh billy, Dr,George begini atau memperlakukan kamu seperti ini karena DR.George ingin menolong billy agar tidak bunuh diri terus.

Billy bercerita kepada DR. Caul bahwa boleh juga kalo kisah-kisahnya di jadikan buku, uang dari buku tersebut akan dia pake kalo kelak ia sembuh, dia berkata “kurasa, aku butuh uang, kalau aku sembuh dan bermasyarakat lagi, aku butuh nafkah sendiri’’dan akhirnya DR. Caul berkatakalau kau benar-benar kisah mu mau ditulis, mungkin kau akan menjumpai seorang penulis yang saya kenal dan percayai, dia mengajar di Athens, di Ohio University.

Muncul Philip dan Kevin, Shawan dan muncul Sang guru yang mempunyai 23 keperibadian di jadikan satu itu adalah billy seutuhnya, Sang Guru ini orang yang mengajari 23 keperibadian itu. Contohnya tommy belajar untuk bisa melepaskan kunci lalu ia bisa membebaskan diri dari ruangan yang terkunci. Suatu ketika tommy melukai ayahnya dan ayahnya tidak sadar kalau yang melakuinya adalah perbuatan anak tirinya. Athur merasa kalo di dalam tubuh billy terdapat 23 kepribadian dan mereka semua terlibat dalam satu sosok tubuh yang sama.

Pada saat kecil Billy bercita-cita menjadi entertainer, dan ayah tirinya sangat membencinnya selalu saja mencari kesalahan yang ada, billy sangat sayang terhadap Dorothy ia takut kalau ayahnya akan membunuhnya. Billy juga semasa sekolahnya suka di kucilkan oleh teman-temannya makanya ia menjadi despresi, ia juga selalu mencoba untuk bunuh diri. Akhirnya athur dan ragen berusaha untuk buat dia tidur terus, billy tak boleh lagi memegang kesadarannya, kata athur . dan akhirnya billy tertidur, terlalu sibuk athur menangani para tokoh lainnya yang kian sering tampil dan pergi dari tempat utama, Athur mendiagnosis periode ketidak stabilan mental ini menjadi “masa kacau balau”.

Dan akhirnya Dorothy mempunyai kabar gembira, Dorothy memberi tahu tommy bahwa ia telah bercerai dari chalmer dan tommy pun gembira mendengar kabar tersebut. Dorothy berkata bahwa ia perlu rumah baru buat kita semua, ternyata sepulangnya tommy kerumah ada seseorang laki-laki dan ternyata itu pacar baru Dorothy, pacar baru itu bernama del moore, tommy sangat kesal sekali padahal baru saja bercerai 2bulan yang lalu tetapi sudah ada yang menggantikan tak hanya itu saja pertemuan pertamanya dengan del membuat ia kesal karena del sudah menyuruk-nyuruh tommy dan akhirnya Dorothy dan del moore melakukan pernikahan.

Tindakan kriminal sempurna dilakukan oleh Philip dan wayne luft, ia melakukan kejahatan pada 2 orang homo yaitu dengan cara memancing agar homo ini mendekati Philip lalu ketika homo ini masuk dalam perangkap Philip mengambil dompet, cincin dan arloji, dan kedua homo ini atau waria di bawa ke pedesaan dan ia diturunkan disana. Pas sesampainya Kevin di rumah kakaknya curiga terhadap Kevin karena arloji yang ia pake sangat mahal sekali lalu di curiga tidak mungkin ia bisa membelinya karena gajinya ia sangat kecil, dan kakanya memeriksa mobil yang ia pake dan di mobil tersebut di temukan barang-barang waria atau homo, dan kakanya menasehati Kevin tetapi ia tidak mau mendengarkannya. Lalu kakaknya menelepon korban dan kakanya berniat untuk mengembalikan barang-barang korban, padahal kakaknya berbuat baik begini karena kakaknya ingin menyelamatkanmu Kevin dan mencoba menolongmu ucap Kathy. Dan del, membertahui billy bahwa sang korban mengenalimu karena dia pernah melihatmu di sebuah took, dan akhirnya billy panic dan ia di pindahkan di Maywood avenve.

Disana Kevin telah berbuat ulah lagi dengan cara merampok took obat gray lalu tak di sangka korbannya melaporkan ke polisi dan obat-obat tersebut di jual lagi kepada orang tak di sangka orang tersebut melaporkan ke polisi bahwa milliganlah yang menjual obat-obat tersebut, uamg hasil penjualan obat dia belikan cincin untuk marlena, dan akhirnya milligan di penjara di Lebanon. Lama sudah ia dipenjara lalu hari-hari terakhir ia keluar dari Lebanon ia tidak bisa tidur, dan paginya ia di jemput.Dan akhirnya billy melamar pekerjaan dan di terima ia bekerja bahkan bukan pegawai maintence biasa, saat itu billy mengetahui kebenaran ternyata ayah kandungnya bunuh diri dan ia meninggalkan surat untuk Nona Dorothy Vincent.

Dan akhirnya billy menjadi sembuh dan saat itu sejak penerbitan buku , datang sosok perempuan yang bernama tanda mengisi hidup billy, tanda bilang bahwa dirinya mencintai billy, dan ingin sekali bersamanya, dan ternyata billy juga menyukai tanda, mereka berdua ingin menikah dan mereka merencanakan pernikahan pada tanggal 22 des, tak berlangsung lama pernikan itupun berantakan karena tanda sudah membohonginya dengan merampas semua harta billy, dan akhirnya billy menjadi depresi lalu billy sakit kembali dan rencananya billy akan dikirim ke Athens untuk menjalankan terapi.

0 komentar: