Pages

Kamis, 03 Juni 2010

gagap

gagap, yaitu cara bicara yang ditandai dengan adanya pengulangan suara atau perpanjangan suku kata, atau pengulangan seperti orang gugup atau terhenti sehingga mengganggu irama alur bicara. Meskipun tidak ada penyebab jelas yang dapat menerangkan munculnya gagap, faktor keturunan disinyalir memberikan kontribusi yang cukup besar, yaitu sebesar 71% dalam terjadinya gangguan ini.

Gagap muncul secara bertahap antara usia 2 hingga 7 tahun, memuncak pada saat anak berusia 5 tahun, dan biasanya akan membaik dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Meski begitu, kadang-kadang gangguan gagap menjadi kronik atau semakin berat, jika penderita mengalami gangguan kejiwaan yang lain seperti gangguan kepercayaan diri atau percaya diri turun, gangguan perilaku atau menghindar secara sosial.

Gangguan gagap juga bisa bertambah berat apabila penderita mendapat tanggapan atau perlakuan buruk dari lingkungan sosialnya, seperti sering diolokolok dan dibuat menjadi cemas. Karena itu diperlukan penanganan secara dini 2 agar gangguan gagap ini tidak terbawa hingga anak menjadi besar. Diperlukan motivasi dan dedikasi yang tinggi dari penderita maupun orang-orang di sekitarnya untuk mengatasi gangguan ini.

0 komentar: