Pages

Selasa, 20 Oktober 2009

Perkembangan system syaraf pusat

System syaraf pusat sudah berkembang sejak awal kehidupan embrio dalam bentuk sebuah tabung dan bentuk ini akan dipertahankan pada perkembangan otak selanjutnya. Selama perkembangan, bagian dari tabung tersebut akan memanjang, membentuk kantung-kantung dan lekukan-lekukan. Jaring-jaring di sekitar tabung akan menebal.

Sel-sel yang membantu perkembangan neuron berada di permukaan dalam tabung. Sel-sel ini membelah dan membentuk neuron dan kemudian berpindah kea rah radial (memutar) kea rah luar menjauhi titik pusat.lokasi akhir neuron-neuron tersebut di arahkan oleh factor fisik dan kimia.arah neuron secara fisik dibimbing oleh oreintasi radial sel-sel glia. Sedangkan secara kimia, neuron-neuron baru itu di arahkan ke kumpulan-kumpulan neuron yang sejenis di bagian-bagian tertentu untuk menjalankan fungsinya masing-masing.

Pada perkembangan awal, system saraf pusat terdiri dari 3 ruang (tabung) yang saling berhubungan. Ruang-ruang ini akan berkembang menjadi ventrikel dan jaringan di sekitarnya akan menjadi 3 bagian utama otak, yaitu otak bagian depan (fore brain), otak bagian tengah (midbrain), dan otak bagian tengah (hindbrain).

Selanjutnya bagian rostral berkembang menjadi 3 ruang yaitu, dua ventrikel lateral dan bagian ketiga. Bagian ventrikel lateral menjadi telencephalon (endbrain atau otak bagian bawah) dan bagian di sekitar ventrikel ketiga diencephalon (interbrain). Pada perkembangan akhir akan membentuk ruang didalam midbrain (mesencephalon) menjadi cerebral aqueduct dan dua macam struktur akan berkembang dalam hindbrain yaitu metencephalon (after brain) dan myelencephalon (marrowbrain).

By = putri ratu retno

Sumber = psikologi faal : ira puspitawati

0 komentar: