Pages

Minggu, 27 September 2009

Apakah statistika berhubungan dengan psikologi?

Psikologi adalah ilmu tentang perilaku manusia dan binatang, serta penerapannya pada permasalahan manusia. Dilihat dari segi bahasa kata Psikologi berasal dari Yunani. Dari kata Psyche yang artinya jiwa, dan Logos yang artinya ilmu pengetahuan. Berarti, Psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang jiwa dan ilmu jiwa yang bersifat ilmiah ( scientific).

Statistika adalah untuk menghitung rata-rata, mendeskripsikan, menggunakan tabel, grafik, menghitung rata-rata, hingga data-data mental yang bisa dibaca dan lebih bermakna secara grafis (mendapatkan gambaran sekilas mengenai data). Istilah statistika dalam bahasa inggris Statistics yaitu ilmu dengan data.

Hubungan psikologi dengan statistika adalah psikologkan suka memperoleh dan mengukur sebuah kejadian-kejadian, teori-teori ilmiah penting dalam mengorganisirkan fakta-fakta yang diobservasi ketika kita menganalisis suatu objek kita butuh yang namanya statistika karena dalam hal ini bahwa perbedaan meneliti punya variasi-variasi bebas dengan variasi-variasi yang terjadi menulis dengan huruf-huruf, angka-angka, rumus-rumus. Psikolog membuat studi juga harus tepat dan benar karena itu psikolog butuh statistika dalam urusan yang suka membantu dalam pembuatan nsejumlah observasi karena psikolog didapat mempergunakan huku-hukum logika yang ada di statistika maupun dalam bidang matematika yang kemudian bisa diolah dengan cara matematika dan statistika.

Yang bersangkut pautan menurut saya dalam psikologi:

1. Pengobatan klinis

2. Teori behaviorisme

3. Teori psikologi gestalt

4. Metode statistika

5. Pengukuran atau penelitian

6. Eksperimen

7. Observasi

8. survey

0 komentar: