Pages

Minggu, 27 September 2009

Phobia Ketinggian

Phobia berasal dari kata yunani ‘’PHOBOS’’ yang artinya takut, perasaan ketika menghadapi sebuah kegiatan ,keadaan,objek, ataupun orang lain.phobia sangat banyak sekali macam-macamnya tapi yang saya ambil sekarang ini adalah phobia ketinggian.

Penyebab ketinggian bisa karna:

Berfikir yang terlalu jelek akan adanya ketinggian padahal kita belum mencoba hal tersebut tapi angan- angan yang kita pikirkan sudah terlalu banyak.

Setelah menaiki ketinggian jantung sudah berdetak kencang seperti mau jatuh kebawah

Badan lemas dan pusing

Mungkin orang tersebut pernah jatuh dari ketinggian

meningkatnya aliran darah dan metabolisme di otak

Kejadian yang traumatis

Mimpi yang tidak enak

Kenapa bisa begitu?

Karena pemikiran yang selalu berangan-angan akan ketinggian dan orang tersebut mempunyai pemikiran yang kurang sehat.

Apa bisa disembuhkan?

Seperti yang saya tulis di atas, phobia itu hanya perasaan ketika menghadapi sebuah kegiatan, keadaan, objek, ataupun orang lain. Berarti phobia bisa disembuhkan jika ada keinginan yang kuat dari sang individu dan harus yakin, semangat, bahwa kita bisa sembuh dari phobia ketinggian. Terutama harus tetap focus pada pikiran-pikiran yang logis jangan pernah mengembangkan ketakutan atau kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Pada sisi yang imajinatif yang terlalu berlebihan tapi anda harus punya pemikiran-pemikiran yang logis. Coba anda lebih harus mengenal objek phobia tersebut apakah itu memang pantas untuk kita jauhi, ataupun kita takuti. Dan anda harus melihat dari sisi manakah yang anda takuti dan kalau belum bisa mungkin anda harus butuh panduan seseorang psikolog ataupun psikiater untuk membantu anda.

By Putri ratu Retno K. S

1 komentar:

lulu mengatakan...

nice info