Pages

Selasa, 29 Mei 2012

Visualisasi Sistem Pakar Dalam Menganalisis Tes Kepribadian Manusia (Empat Aspek Tes Kepribadian Peter Lauster)


Sistem    pakar    (Expert    System)    adalah    program    berbasis    pengetahuan    yang menyediakan  solusi-solusi  dengan  kualitas  pakar  untuk  problema-problema  dalam  suatu domain  yang  spesifik.  Sistem  pakar  merupakan  pakar  untuk  menyelesaikan  suatu  masalah tertentu.  Implementasi  sistem  pakar  banyak digunakan  untuk  kepentingan  komersial  karena sistem pakar dipandang sebagai cara penyimpanan pengetahuan pakar dalam bidang tertentu k dalam   program   komputer   sedemikia sehingg dapat   memberikan   keputusan   dan melakukan penalaran secara cerdas. Umumnya pengetahuannya diambil dari seorang manusia yang pakar dalam domain tersebut dan sistem pakar itu berusaha menirukan metodelogi dan kinerjanya  (performance).  Salah  satu  implementasi  yang  dapat  diterapkan  adalah  dalam bidang psikologi.  Di bidang psikologi,  sistem pakar untuk menganalisis suatu permasalahan yang    berhubungan    dengan    kepribadian    seseorang.    Penganalisisan    ini    menggunakan pengetahuan dan prosedur inferensi dari psikolog yang dalam hal ini berlaku sebagai pakar. Pengetahuan-pengetahuan  yang  dimiliki  oleh  seorang  psikolog  disimpan  dalam  program komputer  yang  kelak  nantinya  diharapkan  kerja dari program komputer ini bekerja/berjalan untuk  sebagaimana  layaknya  penalaran  yang  dilakukan  oleh  seorang  psikolog  pada  saat menganalisis tes kepribadian seseorang.
Sistem pakar merupakan perangkat lunak computer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam memecahkan masalah Dalam   hal  ini,  biasany seorang  paka akan  memberikan  pertanyaan-pertanyaan sehubungan  denga masalah   agar   mendapat   informasi Informas in digunakan   untuk memberikan  penyelesaian  yang  berupa  kesimpulan  atau  jawaban  terhadap  masalah  itu. Adapun komponen dari system pakar sebagai berikut:
a.              Knowledge base (basis pengetahuan)
b.             Inference Engine (mesin inferensi)
c.              User interface

Tahap-tahap Pembuatan Sistem Pakar

 

Pemodelan Sistem

 
a)                 Perancangan Basis Pengetahuan (Knowledge Base)
Basis  pengetahuan  merupakan  sekumpulan  pengetahuan  yang  dihubungkan  dengan suatu permasalahan yang digunakan dalam sistem kecerdasan buatan. Pada program EXPTA (Expert System for Personality Test Analisis) representasi pengetahuan menggunakan model representasi kaidah produkasi (production  rule) karena representasi ini telah terbukti selama bertahun-tahun  sebagai  model  representasi  terbaik  yang  digunakan  oleh  programmer  untuk menyelesaikan permasalahan dalam sistem pakar.

b)                 Mesin Inferensi

Pelacakan  EXPTA  (Expert  System  for  Personality  Test  Analisis)  diawali  dengan memasukkan data dan fakta-fakta ke dalam sistem. Kemudian data dan fakta yang ada akan menjad dasar   pengambila keputusa dar te yang   dilakukan Apabil use telah menjalankan seluruh soal, hasilnya akan disesuaikan dengan fakta yang ada dan sistem akan mencari fakta yang sesuai dengan hasil tes yang telah dilakukan oleh user.

c)                  Desain Interface
Dalam menu konsultasi terdiri dari tiga jenis tes, yang antara lain sebagai berikut:
a.       Form untuk jenis Tes Kepercayaan Diri
b.      Form Cek Kesimpulan untuk Tes Kepercayaan Diri
c.       Form Cetak Hasil untuk Jenis Tes Kepercayaan Diri


Sumber :  http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1772/1552

0 komentar: